Jan 7, 2010

Tips Merawat Baterai Laptop

Baterai adalah bagian yang sangat vital bagi sebuah laptop.Kemampuan  baterai  notebook  atau  laptop  akan  selalu  menurun  seiring  dengan  waktu. Biasanya  baterai  notebook  itu  akan bertahan  antara  satu  sampai  dua  tahunan,  dan  kita  bisa  juga  memperlambat  penurunan kemampuan battery tersebut dengan cara :

  • Habiskan  Power  yang  tersisa  pada  notebook  anda  terlebih  dahulu  sampai  Critical battery  alert  dari  windows/OS  anda,  baru  kemudian  anda  isi  full  kembali  battery notebook anda.
  • Hindari  over  charging  pada  notebook  anda  (apabila  sudah  penuh  segera  cabut chargernya),  karena  tidak semua notebook yang sudah terisi full mempunyai system autocut / auto stop charger
  • Periksa  output  voltase  adaptor  laptop/notebook  anda,  sesuaikan  dengan  daya  yang diperlukan oleh notebook, misalnya DC input pada Notebook adalah 18,5V maka pada adaptor outputnya harus 18,5V jangan lebih. Penulis pernah menemui masalah orang datang  membawa  notebook  baru  dan  masih  garansi  katanya  baru  pakai  dua  bulan baterai sudah  drop,  setelah cek ternyata voltase DC output adaptor (20V) sedagkan pada notebook tertulis 18,5V (selisihnya 1,5V) ini sangat berbahaya bagi baterai dan komponen lain, jadi pada saat membeli laptop baru/second sebaikya di cek dulu.
  • Jika anda sedang bekerja di kantor ataupun dirumah dalam jangka waktu yang cukup lama,  sebaiknya  tidak  usah  menggunakan  battery  notebook.  (bisa  menggunakan baterai tapi adaptor jangan di pasang terus menerus, kalau baterai habis baru pasang, kalau penuh cabut lagi dan seterusnya sampai pekerjaan anda selesai).
  • Sebaiknya  berhati-hati  ketika  melepas  baterai,  ikuti  petunjuk  untuk  melepas  battery notebook   anda,   juga   jangan   sampai   baterai   jatuh,   karena   bisa   menyebabkan komponen di dalam akan rusak.
  • Jika battery Laptop akan disimpan dalam jangka waktu yang lama, biasakan untuk full charge   battery   terlebih   dahulu,   untuk   jenis   baterai   litium   biasanya   akan   turun kapasitasnya sekitar 1% perhari.
  • Jauhkan baterai dari suhu yang panas.

No comments:

Post a Comment