Jul 15, 2010

Repair Laptop Hang

Repair Laptopmu - Laptop tiba-tiba laptop macet (hang/crash). Mungkin semua sudah tahu tanda-tanda laptop hang, diantaranya tiba-tiba mouse tidak bergerak, tombol keyboard tidak berfungsi, dan lain-lain.
Penyebabnya antara lain :
- Virus / Spyware yang merusak system, Aplikasi tidak sempurna, Sistem Operasi bermasalah, terlalu banyak melakukan multi tasking.
- Suhu laptop terlalu panas, memory bermasalah, Harddisk bermasalah.

Penyelesaian :

Sebelum anda memfonis laptop anda hang / crash alangkah baiknya di periksa terlebih dahulu caranya :

Gerakkan mouse apabila macet (tidak bergerak), coba gerakkan pada touchpadnya, apabila tetap macet, tekan beberapa kali tombol numlock/capslock kalau lampu indicator numlock hidup dan mati secara bergantian berarti laptop anda masih loading. Langkah berikutnya coba tekan CTRL+ALT+DEL
kalau tidak ada respon berarti laptop anda hang.

Matikan laptop dengan cara menekan tombol power sekitar 5 detik, kemudian hidupkan lagi, cek dengan antivirus terbaru apakah laptop anda terkena virus atau tidak, kalau ya… scan harddisknya.
Apabila sudah bersih dari virus tapi kadang-kadang hang, cek registri sistemnya gunakan software CC registri cleaner, Tune Up utility untuk membersihkannya, kalau masalahnya masih sama langkah terakhir adalah dengan cara merestore atau menginstall Sistem Operasi laptop anda, pastikan data di backup dulu.

Kalau pada saat menginstall terjadi hang berarti permasalahannya ada pada hardware laptop anda. Langkah mengatasinya :
Periksa memory (bersihkan, dan pasang lagi, atau ganti), kalau masih tetap hang cek suhu processor anda >>> apakah suhu normal ? kalau kalau tidak bersihkan fan dan Thermal modul dari debu yang menyumbat, kalau ya (normal)
>>> periksa harddisk anda, apakah terdapat bad sector atau tidak, gunakan scandisk untuk mengeceknya.
Kalau ternyata ada bad sector anda bisa memperbaikinya menggunakan software HDD Regenerator, Untuk memastikan lagi bahwa harddisknya memang bermasalah coba pasang Harddisk lain pada laptop yang hang.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment